Follow Us @cakeaulia

Pengikut

Senin, 20 Juli 2020

PERBEDAAN MENTEGA DAN MARGARIN



Dulu aku kira mentega dan margarin sama aja. Ada yang sepemikiran? Hehehe ternyata berbeda, lho. Walaupun bisa saling menggantikan tapi bahan dan kandungannya sangat berbeda.
Margarin terbuat dari lemak nabati. Sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani. Jelas beda bukan lemak dari tumbuhan dan lemak dari hewan? Karena itu, kolesterol dan lemak jenuh didalam mentega lebih tinggi hingga 80%. Sedangkan pada margarin terdapat kandungan lemak tak jenuh. Nah bagi temen-temen yang memiliki penyakit kolesterol hati-hati dalam mengonsumsi mentega yaa..

Untuk melihat perbedaan pada fisik dan tekstur mentega dan margarin sangat mudah kita bedakan. Mulai darii warna mentega lebih pucat sedangkan margain lebih kuning cerah. Tekstur mentega lebih padat sedangkan margarin lebih lembek. Tapi walaupun lebih lembek margarin tidak mudah meleleh jika disimpan disuhu ruang yang agak panas. Mentega memiliki kandungan air yang lebih tinggi, inilah yang menyebabkan mentega lebih mudah meleleh.

Dalam penggunaannya margarin lebih cocok digunakan untuk pembuatan cookies atau kue kering. Sedangkan mentega lebih cocok digunakan untuk pembuatan bolu atau cake. Pada aromanya pun mentega lebih wangi dibandingkan margarin. Begitulah kira-kira. Jadi bagi temen-temen nih yang ke toko kue buat beli bahan kue jangan asal ngambil lagi dan menganggap margarin dan mentega sama. Heheh tapi bisa saling menggantikan yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar