Follow Us @cakeaulia

Pengikut

Minggu, 12 Juli 2020

SEMANGAT (IV)




Banyak banget gagalnya, banyak juga cobaan dan ujian yang udah aku alami. Tapi gak sebanyak orang-orang yang udah sukses diluaran sana. Semakin banyak gagal semakin banyak kita belajar, bukan? Semakin banyak ujian, semakin tinggi drajat kita, bukan begitu? Hehehe

Di part sebelumnya aku udah cerita, belajar bikin kue gak mudah, apalagi gak ada keluarga yang paham tentang kue, gak kursus juga, bener-bener belajar sendiri. Gak ada yang ngasih tau, cari tau sendiri. 

Kue gak ngembang, kue nempel diloyang sampe gak bisa lepas, kue yang dikira udah mateng ternyata belum, akhirnya harus ngulang. Api kebesaran jadi gosong, api kekecilan lama mateng. Begitulaaaah.. sampe akhirnya dapet pelajaran dari itu semua. Alhamdulillah, masalah itu semua sekarang udah ada solusi. Hehe

Orang yang selalu jadi support system kalo masalah dapur yaa Ibu. Pernah waktu itu dapet orderan kue yang lumayan gede, tanpa pikir panjang dengan PDnya menyanggupi (padahal gak pernah sebelumnya), pokoknya gimana nanti. Buka youtube, dan langsung praktek. Apakah berhasil? GAGAL TOTAL!!! Bahan-bahan yang segitu banyak gak kepake! Kondisi capek bangeet, maklum pemula dari pagi sampe siang trial resep di youtube tapi hasilnya gagal. Nangis dong, gak tau harus gimana, sedangkan waktu bentar lagi, karena sorenya mau diambil. Sempet bilang “gak mau bikin kue lagi, capek” (tapi Alhamdulillah sampe sekarang masih bikin kue) hehe Akhirnya Ibu yang selalu nenangin. Dia bilang “Gpp teh, coba lagi, semua orang juga gitu kok sama. Ibu bantuin yaa, bahan-bahanya ngambil aja di warung (ibuku ngewarung) gak usah dibayar” katanya. Sedih juga sih masih aja nyusahin orang tua :( padahal beliau juga gak bisa bikin kue, dengan tenangnya bikin dan ngikutin langkah-langkah  di youtube dan akhirnya berhasil dong. Tepat waktu. 

Dapet komen negative, pernah juga. Yang paling keinget sampe sekarang “Teh, buah busuk kok disimpen dikue, aku kan bayar bukan minta” katanya. Aku sebagai tukang kue yakin kalo itu gk busuk hanya saja mungkin layu karena dia ngambil kue malamnya sedangkan kue udah beres siangnya. Kenapa aku sebegitu yakin itu gk busuk? Karena ada model yang sama, dibikin dihari yg sama tapi yang pesennya gk komen dan gak bilang kalo buahnya busuk malah dapet testi yang bagus. Dan aku pun gk dapet bukti foto atau video yang menunjukan kalo buahnya busuk. Hmm tapi gpp aku bertanggung jawab dengan cara dapet potongan harga di orderan selanjutnya.  Tapi ternyata orang ini gak hanya sekali bikin ulah hehehehe di orderan-oderan berikutnya pun selalu ada masalah. Bawelnya minta ampun pagi-pagi udah minta foto kuenya padahal belum dibikin. 10 menit kemudian nanya lagi, jelas-jelas bikin kue butuh berjam-jam, padahal sebelumnya aku udah bilang kalo udah beres nanti langsung dikirim fotonya. Minta gratis lilin, minta potongan harga, nyari kue yang murah tapi pengen yang bagus dan serba ada. Hmmmm ngebatin aku. Awalnya aku baik-baikin, aku kasih pelayanan bagus, tapi makin kesinin makin ngelunjak nih hehehe terakhir yang bikin aku kesel banget sampe akhirnya aku blok, dia ngajak COD, yang COD bukan dia, tapi kakaknya. Dia suruh aku buru-buru berangkat ke tempat janjian karena kakakny udah berangkat. Baiklah ketika ada banyak kerjaan demi memuaskan hati pelanggan aku langsung berangkat dan nunda kerjaan aku. Nunggu selama 30 menit, kata dia “tunggu aja teh, nanti juga kakak aku nyampe, dia gak bawa Hp soalnya”  sampe nunggu 1 jam 30 menit masih belum ada tuh orang yang mau COD, sedangkan adiknya nih yg pesen kue keukeuh aku harus nunggu. Kesel gaaaaak??? Dan ternyata kakaknya langsung ke rumah dong. Jadi dua-duanya nunggu. Ini nih yang jadi perantara miskomunikasi sama kakaknya.  Kesel bangeeeeet..

Kue bertingkat ambruk pas dibawa, pernah. Akhirnya harus ngulang dan seperti biasa karena keadaan capek, akhirnya nangis. COD Hujan-hujanan, ah pokonya masih banyak lagi tapi kalo diceritakan terlalu sensitive karena menyangkut orang yg masih berhubungan baik sampe sekarang. Hehehe pokoknya makasih banyak deeh.. 
 
Terakhir support system selanjutnya Bapak aku, yang selalu nganter kemana aja, dan selalu semangat kalo diminta nganter buat COD, padahal aku tau pasti beliau capek. Suka nasehatin gimana caranya usaha, kalo jaman sekarang mungkin tips kali yaa heheh yang paling diinget nasehatnya tuh gini “Teteh gpp penghasilan sedikit juga yang penting berkah” “jangan dengerin orang lain” yaah nasehat-nasehat umumlah semua orang pasti udah tau. Alhamdulillah ngerasain “keberkahan” itu. Penghasilan kadang naik kadang turun banget.. wah pokoknya kayak naik roller coaster, dag dig dug …

Yuk kita akhiri cerita perjalan awal-awal membangun Aulia cake. Nanti kita cerita lagi yaa..
Tunggu 2 atau 3 tahun lagi Aulia cake akan seperti apa?? Doain pengen punya toko 2 tingkat. Aamiin, allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad.. dapur sendiri khusus bikin kue udah ada Alhamdulillah..

 Di Next blog aku mau sedikit berbagi ilmu tentang kue mungkin yaa atau cerita lagi?  hehe

3 komentar:

  1. Aamiinn...
    Next ngariung ngasaan kueh calon orang kaya. Wkwkwkw.

    BalasHapus
  2. Jatuh bangun membangun usaha sendiri sangat bergantung pada kondisi mental. Akan tetapi, jika tidak demikian kita tidak akan pernah belajar. Terimakasih telah berbagi kisahnya

    BalasHapus
  3. Allohumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa'ala alaihi sayyidina Muhammad. Jelas banget ya ternyata membangun usaha emang bener ada susah senangnya.

    BalasHapus